Tips Membersihkan Setir Mobil Usai Mudik Lebaran

0
6235

Salah satu komponen mobil yang selalu bersentuhan dengan tangan Anda adalah setir. Setir mobil sendiri merupakan komponen penting yang berfungsi untuk mengemudikan jalannya kendaraan. Komponen ini seringkali dibalut dengan bahan kulit, baik kulit sintetis atau kulit asli yang harganya cukup mahal.

Seiring berjalannya waktu, setir akan menjadi kotor karena gesekan tangan Anda. Karena itu, agar kebersihan bagian dalam kabin tetap terjaga seutuhnya, sebaiknya Anda membersihkan bagian tersebut setelah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Terdapat cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan setir akibat seringnya bersentuhan dengan tangan Anda.

Jika setir tidak terlalu kotor, maka Anda dapat menggunakan lap chamois atau lebih dikenal dengan kanebo untuk membersihkannya dengan cara mengelap seluruh permukaan setir menggunakan lap ini.

Namun, yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan setir kendaraan adalah jangan pernah menggunakan cairan deterjen. Sebab, cairan ini akan membuat setir menjadi kusam dan mengalami kerusakan, terutama jika setir Anda terbuat dari bahan kulit.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan bagian dalam mobil, seperti Upholstery cleaner atau pembersih jok mobil.

Cairan ini tergolong ampuh untuk membersihkan setir kendaraan, apalagi jika setir Anda terbuat dari bahan kulit.

Sedangkan untuk cairan dash serta door enhancer sangat cocok untuk digunakan jika setir mobil Anda terbuat dari bahan vinyl yang sama seperti bahan yang digunakan di bagian dashboard.

Jika setir Anda bersih, tentu akan membuat tampilan interior mobil menjadi lebih bersih lagi. Selain itu, setir juga tidak akan licin akibat dari minyak yang bersumber dari tangan Anda.

Untuk mencegah agar setir Anda tidak kotor, sebaiknya pastikan sebelum menyetir kendaraan, kondisi tangan Anda berada dalam kondisi bersih. Hal ini bertujuan agar kotoran yang bersumber dari tangan tidak menempel di setir kendaraan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here