Tips Antisipasi Kondisi Mobil di Musim Hujan

0
13949

Kami akan memberikan beberapa tips dan trik mengantisipasi kondisi mobil saat musim penghujan tiba. Hal ini dilakukan agar aktifitas para pengguna kendaraan tak terganggu selama musim hujan tiba. Berikut beberapa tips diantarannya.

1. Hindari Rute Rawan Banjir
Pastikan rute perjalanan yang akan kita lalui bebas banjir. Hindari bepergian ke tempat-tempat yang rawan banjir. Jika kondisinya terjebak dalam banjir, maka segera matikan mesin mobil, cabut accu, dorong mobil ke tempat yang aman.

Jika mobil tidak bisa dievakuasi saat banjir, segera tutup ujung knalpot, cabut accu, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand.

2. Kurangi Kecepatan
Segera untuk mengurangi kecepatan saat berkendara dibawah guyuran hujan. Pastikan mengemudi pada kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi jarak pandang dan lingkungan sekitar. Jangan lupa perhatikan jarak aman pengereman, karena proses pengereman saat kondisi hujan membutuhkan jarak yang lebih panjang dari pada saat kondisi kering. Jarak pengereman harus diatur lebih jauh dari biasanya.

3. Hidupkan Lampu Day Time
Hidupkan lampu day time (lampu kecil) saat berkendara di bawah hujan. Seringkali para pengemudi mobil menggunakan lampu hazards saat kondisi hujan. Ini tidak dibenarkan! Karena lampu hazards dapat mengganggu pandangan pengemudi lainnya, apalagi saat hujan.

4. Mobil Sudah Diasuransikan
Pastikan mobil Anda sudah diasuransikan. Cek polis asuransi Anda apakah sudah ada perluasan jaminan untuk risiko angin topan, badai, banjir dan tanah longsor. Jika belum ada, segera hubungi perusahaan asuransi. Jangan lupa simpan nomor telepon penting untuk bantuan darurat di jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here