3 Situs yang Bantu Kamu Cari Sewa Hunian Terjangkau

admin

Selain sandang dan pangan, papan atau tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan dasar bagi setiap orang yang harus dipenuhi. Dengan alasan keterbasan lahan dan harga rumah yang semakin tak terjangkau, sewa hunian menjadi salah satu solusi pemenuhan kebutuhan tempat tinggal di kota-kota besar. Terlebih untuk pekerja milenial yang hanya bergaji upah minimum kota (UMK).

Meski bukan membeli, ternyata sewa hunian atau mengontrak rumah juga diperlukan ketelitian. Tujuannya adalah agar hunian yang ditempati dapat memberi rasa aman dan nyaman.

Sebagai sebagai calon penyewa Anda dituntut untuk memperhatikan segala detail propertinya dengan cermat. Berikut ini adalah beberapa tips aman sewa hunian.

Tips Aman Sewa Hunian

1. Survei Lokasi
Setelah menemukan hunian yang sesuai dengan kriteria, maka saatnya untuk survei ke lokasi langsung. Perhatikan secara detil setiap sudut ruangan maupun furniturnya apakah kondisinya masih prima atau tidak. Apakah diperlukan perbaikan dan sebagainya. Hal ini perlu dilakukan supaya budget sewa hunian tidak menjadi bengkak.

2. Cek Biaya
Saat survei maka dan bertemu dengan pemilik rumah, maka ini adalah kesempatan yang baik untuk mengetahui perihal biaya. Tidak hanya biaya sewa, namun juga biaya-biaya tambahan diluar biaya sewa. Mulai dari biaya pemeliharaan lingkungan, keamanan, kebersihan, dan biaya-biaya lainnya yang tidak dicantumkan pada iklan sewa. Sehingga bila diarasa telalu mahal, maka bisa mencari alternatif hunian-hunian yang lainnya.

3. Membandingkan Beberapa Hunian
Saat sudah menemukan rumah yang dirasa cocok, jangan buru-buru untuk langsung sewa. Namun coba mencari lagi alternatif hunian yang lain. Setelah mensurvei beberapa lokasi hunian, maka saatnya membandingkannya. Baik dari segi harga, fasilitas, kondisi rumah, lingkungan rumah. Dengan begitu Anda akan benar-benar mendapatkan sewa hunian yang terbaik.

4. Membaca Detil Kontrak Sewa
Setelah mendapat hunian yang dipilih untuk disewa, selanjutnya adalah tanda tangan kontrak sewa. Jangan asal meneken kontrak, tetapi baca terlebih dahulu dengan seksama. Kenali mana yang menjadi hak dan kewajiban sebagai penyewa, supaya tidak terjadi konflik dengan pemilik hunian.

5. Jaga Hubungan Baik dengan Pemilik Rumah
Apabila kontrak tertulis dengan jelas, maka hubungan baik dengan pemilik rumah akan terjalin dengan baik. Sehingga apabila terdapat kerusakan dan diperlukan renovasi, Anda dapat mendiskusikan dengan pemilik hunian dengan mudahnya. Kesalahpahaman dan konflik kecil yang tidak perlu dapat terhindarkan, dan pertahankan hubungan baik ini selama masih menyewa rumah.

Setelah mengetahui tips-tips dalam mencari sewa hunian, sekarang adalah saatnya kamu mencari hunian yang akan disewa. Ada beberapa cara dalam mencari sewa hunian, bisa dengan mencarinya dengan keliling secara langsung. Bisa juga melalui relasi dari teman atau keluarga. Alternatif yang paling mudah adalah mencari hunian sewa secara online alias dari internet.

Sebab mencari secara offline dibutuhkan tenaga ekstra, belum lagi soal waktu, dan juga biaya. Selain itu, Anda akan kesulitan mendapatkan informasi lengkap dan update terkait huninannya, mulai dari tarif sewa, dan berbagai fasilitas didalamnya.

Oleh karena itu mencari secara online justru menjadi pilihan terbaik. Berikut ini beberapa situs rekomendasi untuk Anda yang sedang mencari sewa hunian.

Rekomendasi 3 Situs Untuk Mencari Sewa Hunian

1. Sewa Kost
Rumah kost adalah sebuah hunian yang dipergunakan sebagai tempat tinggal sementara dengan sistem pembayaran perbulan atau pertahun. Kost biasanya menyewakan sebuah kamar, beberapa diantaranya termasuk kamar mandi dialamnya. Jika Anda warga Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa mencari informasi kost melalui situs kostjakarta.com.

Situs kostjakarta.com memberikan informasi detil mengenai kost yang akan disewakan. Mulai dari harga, fasilitas, biaya tambahan (jika ada), serta informasi tempat-tempat umum disekitar lokasi kost. Dipastikan tidak ada biaya tersembunyi didalamnya.

2. Sewa Rumah
Bagi Anda pasangan muda yang baru membangun keluarga kecil baru, menyewa rumah menjadi alternatif yang paling mudah untuk sementara waktu. Untuk mendapatkan berbagai pilihan rumah sewa idaman Anda dapat mengunjungi sewa-rumah.net.

Situs yang telah berdiri sejak 2014 ini telah memasarkan ribuan rumah yang terletak di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja, Medan, Makassar, dan berbagai kota lainnya di seluruh Indonesia

3. Sewa Apartemen
Apartemen adalah tempat tinggal yang sama dengan rumah, perbedaannya pada lokasinya yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat yang besar dan mewah. Kelebihan apartemen dibanding rumah biasa adalah dilengkapi dengan berbagai fasilitas tambahan seperti kolam renang dan pusat kebugaran.

Situs sewa-apartemen.net adalah situs yang terkenal reputasinya dan top dimata Google dalam hal untuk mencari apartemen. Situs yang telah berjalan lebih dari 13 tahun ini telah berhasil membantu memasarkan puluhan ribu apartemen melalui situs ini. Anda mencari informasi sewa apartemen? Situs sewa-apartemen.net solusinya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar