Cara Mengurangi Kecanduan Media Sosial

0
20216
Cara Mengurangi Kecanduan Media Sosial
Media Sosial

Munculnya berbagai media sosial disertai dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, membuat sebagian besar orang saat ini menjadi tertarik dalam menggunakannya. Berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh media sosial, menjadikan media sosial tersebut semakin menarik untuk digunakan sebagai sarana komunikasi.

Kelebihan dan keuntungannya, tentu media sosial tersebut akan semakin memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan siapapun. Dalam hal ini, tidak ada lagi persoalan jarak yang jauh dan waktu yang terbatas, sehingga media sosial kini telah menjadi media komunikasi yang digandrungi oleh sebagian besar orang.

Pada taraf terparah, penggunaan media sosial yang terlalu sering dapat menyebabkan penggunanya menjadi kecanduan. Ia akan cenderung menghabiskan waktunya di depan handphone ataupun laptop atau komputernya untuk menggunakan media sosial, dan melupakan kewajibannya.

Termasuk diantaranya adalah kewajiban untuk bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Nah, pada ulasan kali ini, akan mencoba memberikan kamu tips bagaimana caranya untuk mengurangi kecanduan pada media sosial.

Tips Mengurangi Kecanduan Media Sosial

1. Akui Kecanduan Kamu
Jika orang lain berkomentar tentang kamu bahwa kamu adalah pecandu media sosial atau social media addict, akuilah itu! Seorang pahlawan adalah mereka yang mau mengakui kesalahannya.

2. Pikir Ulang Kembali
Setiap kali akan menggunakan media sosial, dan kamu memiliki motivasi untuk log inke media sosial tersebut, berhenti dan berpikirlah sejenak. Pikirkan kembali manfaat dan ruginya ketika melakukan itu jika kamu melakukannya dalam waktu yang lama.

3. Pikirkan Masalah Waktu
Dalam sehari, kita hanya memiliki waktu selama 24 jam. Agar hidup bermanfaat, tentu kamu harus mengoptimalkan waktu tersebut untuk berproduktivitas. Untuk itu, kamu harus berpikir lebih jernih lagi dalam menggunakan waktu yang dimiliki dengan sebaik mungkin.

4. Jadikan Media Sosial Bukan Sebagai Prioritas
Berselancar di media sosial memang sangat mengasyikkan. Disana kita dapat berbagi cerita, sharing dan berkomunikasi melalui berbagai fitur seperti foto, suara, tulisan, gambar hingga video. Namun, dibalik keasyikkan tersebut, terselip ancaman kamu bisa tenggelam dan kecanduan dalam menggunakannya.

5. Cari Kegiatan yang Lebih Berguna
Di luar sana, banyak sekali kegiatan yang bisa kamu ikuti untuk memaksimalkan minat, bakat serta kemampuan diri. Hal ini akan jauh lebih baik daripada duduk dan diam dengan menghabis waktu di depan komputer atau laptop dengan menggunakan sosial media.

6. Percaya Pada Diri Sendiri
Adalah sebuah keputusan yang cukup krusial dan hebat, apabila kamu mengambil resiko untuk menghapus akun media sosial yang dimiliki. Berbagai pertimbangan tentu menjadikan kamu berada diantara opsi iya dan tidak untuk menghapus akun media sosialmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here