WikiLeaks Bocorkan cara CIA retas ponsel, WhatsApp, komputer

0
1627

Lingkarannews.com – WikiLeaks kemarin merilis ribuan dokumen yang menggambarkan bagaimana program perangkat lunak yang digunakan Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) untuk meretas ponsel pintar, komputer, dan televisi yang terhubung ke Internet.

The New York Times melaporkan, Selasa (7/3), jika dokumen itu benar, maka ini akan menjadi pukulan serius bagi CIA yang selama ini sudah dikenal dengan kegiatannya meretas perangkat komunikasi untuk kepentingan spionase.

Dalam rilis awal yang disebut sebagai bagian pertama oleh WikiLeaks, termuat 7818 halaman dan 943 lampiran. Keseluruhan dokumen CIA memuat ratusan juta kode komputer.

Dalam rilis WikiLeaks disebutkan badan intelijen AS itu bisa meretas data enkripsi (data dengan kode rahasia) dari program aplikasi perangkat lunak untuk ponsel seperti Signal, WhatsApp, dan Telegram.

Juru bicara CIA sejauh ini menolak berkomentar atas kasus ini.

“Kami menolak mengomentari soal otentisitas atau isi dari dokumen yang katanya CIA itu,” ujar juru bicara CIA, Jonathan Lieu kepada NBC News.

Pendiri WikiLeaks Julian Asange mengatakan kepada wartawan, dokumen yang diungkap itu adalah yang paling lengkap dari semua dokumen spionase dan memperlihatkan bagaimana pasukan peretas CIA bekerja.

Pemerintah Amerika Serikat sebelumnya pernah mengatakan WikiLeaks adalah bagian dari alat intelijen Rusia

 

Red

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY