The Kryptos, Monumen Ciphertext Yang Masih Menyisakan Teka-Teki

0
152
Kryptos CIA. Sumber Gambar : Wikipedia

Lingkarannews.com Jakarta – Di markas besar CIA di Langley, Virginia, terdapat sebuah monumen yang mengandung pesan rahasia. Pesan yang membingungkan bahkan bagi para agen paling cemerlang di CIA. Pahatan kryptos tersebut terdiri dari empat prasasti, sudah Dua puluh tahun telah lewat, dan teka-teki Kryptos masih belum terpecahkan.

Kryptos dibuat oleh seorang seniman bernama James Sanborn. Ia memperoleh penugasan untuk membuat monumen itu pada tahun 1988 ketika CIA membangun sebuah bangunan baru dibelakang gedung utamanya.

CIA menginginkan sebuah instalasi luar ruangan untuk menghiasi area diantara kedua gedung. Sanborn menggunakan nama Kryptos untuk karyanya. Kata ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti “tersembunyi”. Kryptos disebutnya sebagai sebuah perenungan terhadap alam, sifat alami kerahasiaan dan kerumitan kebenaran, dan pesan itu seluruhnya disampaikan dalam kode.

Karya yang bernama kryptos ini sendiri berbentuk huruf S yang berdiri, dan terbuat dari tembaga dan dibuat seperti menyerupai gulungan, dan ditutupi dengan karakter yang berisi teks yang telah terenkripsi. Karakter yang terdiri dari 26 huruf abjad Latin standar dan dibuat berlubang pada hurufnya.

Kryptos adalah patung/monumen dienkripsi oleh seniman Amerika Jim Sanborn terletak di dasar Central Intelligence Agency (CIA) di Langley, Virginia. Sejak selesai dibangun pada tanggal 3 November 1990, telah ada banyak spekulasi tentang arti dari pesan terenkripsi itu. Dari empat pesan, tiga telah dipecahkan, sedang satu sisa-nya belum terpecahkan, dan masih menjadi bahan kajian. Monumen itu terus memberikan perhatian bagi para cryptanalysts, baik amatir dan profesional, yang berusaha untuk mendekripsi bagian akhir.

Monumen utama terletak di sudut barat laut dari halaman Gedung Markas Baru, di luar kantin Agency. Monumen ini terdiri dari empat pelat tembaga besar dengan unsur-unsur lain yang terbuat dari granit merah dan hijau, kuarsa putih, dan kayu membatu.

Pada saat yang sama dengan monumen utama dipasang, pematung Sanborn juga menempatkan beberapa potongan disekitar halaman CIA, seperti beberapa lempengan granit besar dengan lembaran tembaga terjepit di luar pintu masuk ke Gedung Markas Baru. Beberapa pesan morse code yang terukir di tembaga, dan salah satu lembaran memiliki terukir kompas mawar dan lodestone. Unsur-unsur lain dari instalasi Sanborn meliputi area taman, kolam bebek, kolam mencerminkan, dan beberapa lembaran tampaknya ditandai lainnya. Biaya pembuatan monumen adalah $ 250.000.

Ciphertext pada satu setengah dari patung utama berisi 869 karakter secara total-865 surat dan 4 tanda tanya. Namun informasi yang dirilis Sanborn menyatakan bahwa pada April 2006, surat itu dihilangkan pada paruh utama Kryptos “untuk alasan estetika, dan menjaga keseimbangan instalasi visual tersebut”. Ada juga surat yang salah pada beberapa ciphertext yang disengaja oleh Sanborn, dan beberapa huruf dekat awal bagian bawah telah berpindah dari posisi normal mereka. Sisi lain patung itu terdiri dari tablo Vigenère enkripsi, yang terdiri dari 867 surat. Salah satu baris tablo adalah satu karakter lama, yang secara nyata disengaja oleh Sanborn.

Sanborn bekerja dengan karyawan pensiun CIA bernama Ed Scheidt, Ketua Pusat Cryptographic CIA, untuk merancang sistem kriptografi yang diaplikasikan pada monumen tersebut. Sanborn telah mengungkapkan, bahwa monumen itu berisi teka-teki dalam sebuah teka-teki, yang akan dipecahkan hanya setelah empat bagian yang dienkripsi telah didekripsi. Dia telah memberikan informasi yang bertentangan tentang jawaban monumen, dan mengatakan pada satu waktu ia memberikan solusi lengkap kepada direktur CIA William H. Webster selama upacara peresmian, tetapi kemudian, ia juga mengatakan bahwa ia tidak diberi restu oleh Webster seluruh membocorkan seluruh solusi. Dia pastikan, bahwa di bagian kedua, ia mengatakan “Siapa yang tahu lokasi yang tepat? Hanya WW,” “WW” dimaksudkan untuk merujuk kepada William Webster. Sanborn juga menegaskan bahwa seharusnya dia mati sebelum monumen keseluruhan jadi diuraikan, akan ada seseorang yang mampu mengkonfirmasi solusi tersebut.

Pemecah

Orang pertama yang mengumumkan pemecahan tiga bagian pertama, pada tahun 1999, adalah Jim Gillogly, seorang ilmuwan komputer dari California Selatan. Setelah pengumuman Gillogly itu, CIA mengungkapkan bahwa analis mereka David Stein juga memecahkan bagian yang sama pada tahun 1998., menggunakan pensil dan kertas teknik, meskipun pada saat solusinya informasi hanya disebarluaskan dalam komunitas intelijen, dan tidak ada pengumuman publik dibuat. NSA juga mengklaim pada waktu itu bahwa mereka memiliki pemecah, tetapi tidak akan mengungkapkan nama atau tanggal sampai tahun 2000, ketika mengetahui bahwa tim NSA dipimpin oleh Ken Miller, bersama dengan Dennis McDaniels dan dua orang lainnya yang tidak disebutkan namanya, telah memecahkan bagian 1-3 pada tahun 1992-an. Semua upaya awal untuk memecahkan Kryptos ditemukan bahwa K2 berakhir dengan WESTIDBYROWS, namun pada tahun 2006, Sanborn mengumumkan bahwa ia telah membuat kesalahan dalam bagian 2, yang mengubah bagian terakhir dari plaintext dari WESTIDBYROWS ke WESTXLAYERTWO.

Berikut adalah pemecahan bagian 1-3 dari patung. Kryptos K1 dan K2 adalah cipher substitusi polyalphabetic, menggunakan tablo Vigenère mirip dengan lukisan di bagian lain dari patung. K3 adalah cipher transposisi, dan K4 masih belum terpecahkan.

K1
Kata kunci: Kryptos, Palimpsest

BETWEEN SUBTLE SHADING AND THE ABSENCE OF LIGHT LIES THE NUANCE OF IQLUSION

K2
Kata kunci: Kryptos, Abscissa

IT WAS TOTALLY INVISIBLE HOWS THAT POSSIBLE ? THEY USED THE EARTHS MAGNETIC FIELD X THE INFORMATION WAS GATHERED AND TRANSMITTED UNDERGRUUND TO AN UNKNOWN LOCATION X DOES LANGLEY KNOW ABOUT THIS ? THEY SHOULD ITS BURIED OUT THERE SOMEWHERE X WHO KNOWS THE EXACT LOCATION ? ONLY WW THIS WAS HIS LAST MESSAGE X THIRTY EIGHT DEGREES FIFTY SEVEN MINUTES SIX POINT FIVE SECONDS NORTH SEVENTY SEVEN DEGREES EIGHT MINUTES FORTY FOUR SECONDS WEST X LAYER TWO

Pada tanggal 19 April 2006, Sanborn menghubungi Grup Kryptos (komunitas online yang didedikasikan untuk teka-teki Kryptos) untuk menginformasikan mereka bahwa solusi diterima untuk bagian 2 adalah salah. Dia mengatakan bahwa dia membuat kesalahan dalam patung dengan menghilangkan sebuah “X” digunakan untuk menunjukkan istirahat untuk alasan estetika, dan bahwa teks dekripsi yang berakhir “… EMPAT DETIK ID BARAT OLEH ROWS” benar-benar harus “… EMPAT DETIK BARAT X LAYER DUA ”

K3

SLOWLY DESPARATLY SLOWLY THE REMAINS OF PASSAGE DEBRIS THAT ENCUMBERED THE LOWER PART OF THE DOORWAY WAS REMOVED WITH TREMBLING HANDS I MADE A TINY BREACH IN THE UPPER LEFT HAND CORNER AND THEN WIDENING THE HOLE A LITTLE I INSERTED THE CANDLE AND PEERED IN THE HOT AIR ESCAPING FROM THE CHAMBER CAUSED THE FLAME TO FLICKER BUT PRESENTLY DETAILS OF THE ROOM WITHIN EMERGED FROM THE MIST X CAN YOU SEE ANYTHING Q ?

Ini adalah kutipan di parafrasekan dari rekening Howard Carter, pembukaan makam Tutankhamun pada tanggal 26 November 1922, seperti yang dijelaskan, pada tahun 1923 bukunya Makam Tutankhamun. Pertanyaan dengan yang berakhir adalah bahwa ditimbulkan oleh Lord Carnarvon, Carter yang (dalam buku) terkenal menjawab “hal-hal yang indah”. Pada tahun 1922 catatan aktual lapangan 26 November, jawabannya adalah, “Ya, itu adalah indah.

K4

Bagian 4 tetap belum terpecahkan, meskipun ada suatu Kelompok Yahoo! aktif (dibentuk tahun 2003) yang mengkoordinasikan pekerjaan dari lebih dari 2000 anggota terhadap dekripsi dari kode.

Ketika mengomentari tahun 2006 tentang kesalahan di bagian 2, Sanborn mengatakan bahwa jawaban bagian pertama berisi petunjuk untuk bagian terakhir. Pada bulan November 2010, Sanborn merilis petunjuk lain. Letters 64-69 NYPVTT di bagian 4 menyandikan teks BERLIN.

Kryptos adalah patung kriptografi pertama yang dibuat oleh Sanborn. Setelah Kryptos, ia melanjutkan untuk membuat patung beberapa dengan kode dan jenis-jenis menulis, termasuk satu yang disebut Antipodes yang di Museum Hirshhorn di Washington DC, sebuah “Sepotong Untitled Kryptos” yang dijual ke seorang kolektor pribadi, dan Cyrillic Projector dengan teks terenkripsi Cyrillic Rusia, yang termasuk ekstrak dari dokumen rahasia KGB. Cipher di satu sisi Antipodes mengulangi teks dari Kryptos CIA. Sebagian besar cipher di sisi Rusia yang diduplikasi pada Projector Cyrillic. Bagian Rusia cipher pada Proyektor Cyrillic dan Antipodes ini diselesaikan pada tahun 2003 setelah Elonka Dunin “memimpin muatan”, dengan ciphertext independen didekripsi oleh Frank Corr dan Bales Mike, dan terjemahan plaintext dari Rusia yang disediakan oleh Dunin.

Berbagai Sumber

ADITYAWARMAN @aditnamasaya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY