Temuan Stonehenge Ini Berisi Lima Perkuburan Manusia

0
87

Lingkarannews.com Sosbud-  Ahli arkeologi menemukan monumen batu, stonehenge, berisi lima pekuburan manusia yang terawetkan di Newbold-on-Stour, Warwickshire, Inggris.

Bangunan yang berasal dari zaman Neolithikum ini berada di area perumahan. Pengembang properti di Inggris seringkali harus melakukan penaksiran arkeologi di lahan yang ingin dibangun.

Tim dari Archeology Warwickshire langsung bergerak begitu lahan dinyatakan berpotensi temuan henge. Monumen sederhana itu terdiri dari selokan melingkar dan tanggul yang terbuat dari tanah galian. Mereka juga menemukan lima mayat dikubur di monumen itu, seperti diberitakan laman Live Science.

Ratusan monumen stnehenge atau lingkaran batu tersebar di pulau-pulau Britania Raya. Beberapa diantaranya, seperti Stonehenge, terdiri dari batu besar berdiri tegak yang membentuk lingkaran.

Ada juga yang tadinya memiliki bangunan kayu, seperti Woodhenge, meskipun kini hanya tersisa lubang.

Dua tahun lalu, dengan teknologi remote-sensing, arkeolog menemukan ada henge berukuran 15 kali dari Stonehenge.

Meskipun masih ada perdebatan kapan dan fungsi henge, bangunan tersebut bermunculan di Britania raya sejak abad 3-2 Sebelum Masehi. Kebanyakan monumen ini tidak memiliki jejak kegiatan sehari-hari dan beberapa perlengkapan berkaitan dengan fenomena kosmik.

Banyak ilmuwan yang meyakini henge digunakan untuk upacara atau ritual tertentu. “Sayangnya, kami tidak tahu ritual atau acara apa yang dilangsungkan di tengah monumen itu,” kata pemimpin proyek Archeology Warwickshire, Nigel Page.

Tetapi, ilmuwan menduga henge di Newbold mungkin digunakan untuk acara yang berkaitan dengan matahari terbit dan tenggelam.

Monumen tersebut diperkirakan berasal dari zaman Neolithikum akhir, sekitar tahun 2.000 SM. Sementara itu, kuburan yang ditemukan mungkin berusia lebih muda karena henge dianggap sebagai tempat yang cocok untuk pemakaman.

Makam yang ditemukan tidak ada yang tumpang tindih, tiga menghadap ke arah barat luar dan dua lainnya berada di luar monumen, di bagian timur, menghadap ke dalam henge.

Susunan tersebut diperkirakan disengaja dan orang yang dimakamkan diperkirakan berasal dari kelompok atau keluarga yang sama.

Monumen di Newbold-on-Stour bukan satu-satunya henge yang ditemukan di daerah itu. Archeology Warwickshire juga sedang menganalisis empat monumen yang mirip di dekat kota Bidford-on-Avon, yang berisi 11 mayat yang dikremasi.(ANTARA)

red

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY