Piramida Mesir, Siapa Yang Membangun Sesungguhnya?

0
5330

Lingkarannews.com- Mendengar kata Piramid, tentu pikiran kita langsung mengarah ke sebuah negeri nun jauh disana bernama Mesir, Banyak hal yang masih meninggalkan pertanyaan dari siapa yang membuat hingga bagaimana membuat Piramida tersebut, berikut sedikit kultwit yang saya buat terkait Piramida Mesir siapa yang membuat sesungguhnya

1. Ada 3 hal yg diajarkan disekolah ttg Piramida Giza : – Piramida adalah Makam Fir’aun – Dibangun bgs Mesir – Dibangun dgn alat tradisional

2. Pertanyaan-nya? Benar seperti itu?

3. Dlm buku, tanyangan TV (History Channel), disebutkan, Piramida adalah makam Fir’aun. Padahal tdk ada satu makam pun ditemukan didalamnya.

4. Kita setback ke belakang sebentar. Siapa sih yg awal-nya yg mempopulerkan info bahwa Piramida makam-nya Fir’aun?

5. Namanya Heroditus ( 484 – 425 SM ). Sorang sejarawan. Heroditus ini yg menulis Tujuh Keajaiban Dunia 2500 thn yg lalu.

6. Karena basenya sbg pengembara, maka metode yg digunakan Heroditus adalah merangkai cerita berdasar wawancara dgn penduduk Mesir saat itu.

7. Sangking absah-nya itu cerita, maka penamaan utk Piramida Giza terbesar pun diambil nama Khufu (Cheops) karena konon Fir’aun yg bangun.

8. Belakangan ditemukan fakta bahwa Fir’aun Khufu makamnya di Kuil Abydos (Valley of Kings, Luxor), jaraknya ratusan KM dari Giza …

9. Lalu bagaimana dgn Hieroglyphs? Bukankan itu bukti bahwa Piramida tsb dibangun Fir’aun? Nah justru disinilah awal keraguan terungkap.

10. Ada ribuan Hieroglyps yg bercerita tentang kehidupan masyarakat Mesir kuno. Mulai dari : cocok tanam, kawin, sunat, dll. Tapi …

11. Tidak ada satu cerita Hieroglyps yg bercerita ttg bagaimana mereka membangun Piramida … ( Entah lupa, entah tidak ingat ) …

12. Ingat, Hieroglyps itu ilmu sosial. Sedangkan utk menjelaskan keberadaan Piramida, tdk cukup dgn itu. Nanti jatuhnya malah Fairy tale

13. Setidaknya, dibutuhnya ilmu : Teknik Sipil, Astronomi, Arkeologi dan geologi untuk menyelidiki bagunan luar biasa canggih ini.

14. Piramida adalah bangunan dgn tingkat presisi terbaik didunia. Liat nih dari foto satelit …

15. Bangunan Piramid terdiri dari – 2.3 juta batu, masing2 seberat 2.5 – 400 ton. – Tingginya 146.6 m. – luas dasar bangunan 5.3K m2.

16. Jika info-nya benar, luas pucuk Piramida itu 6 mm2. Ini tingkat presisi yg luar biasa. Meleset dikit aja, ga bakal ketemu tuh puncak.

17. Lalu bagaimana memindahkan batu seberat 200 – 400 ton? Let say, tinggi Nabi Adam menurut al qur’an ekuivalen dgn 28 meter.

18. Pertanyaannya apa dgn manusia setinggi itu, mampu memindahkan batu 400 ton? Kalo di film sik ditarik pake tambang, dgn roda balok ..

19. Tapi kalo kita ambil kata Egyptology kalau Piramida dibangun selama 20 tahun, jelas nggak mungkin.

20. Hitungannya : 20 Tahun x 365 hari  x 24 jam x 60 menit / 2.3 jt batu. Berarti 2.3 juta batu seberat 200 ton, dipahat, diangkut & terpasang setiap 4.6 menit

21. Piramid jelas dibuat oleh peradaban yg memiliki inteligensia tinggi. Bukan hanya hebat secara arsitektur dan konstruksi …

22. Tapi juga memiliki makna matematis dan astronomis tertentu. FYI tiruan konstruksi Piramida, sampai sekarang blm ada yg bisa buat.

23. Coba liat gambar ini. Apa yg ada dibenak twips? … Yup Phytagoras, rumus Matematika paling ajaib : a^2 + b^2 = c^2 …

24. Lha koq bisa? Phytagoras kan baru lahir ribuan tahun kemudian di Yunani? … *TanyaKenapa* …

25. Lebih ajaib lagi, Piramid menggunakan rumus “golden ratio” yg disebut “phi“. Golden ratio disebut2 sebagai “the fingerprints of God”

26. Egyptologist ini kalo ngomong asal njeplak. Ngomong Piramida dibuat buat utk 3 Fir’aun yg megalomania : Khufu, Khare & Menkaure.

27. Bagitu makam2 Fir’aun di Valley of Kings, Luxor terungkap, mereka langsung pura2 bego. Kicep bin kabur …

28. Untuk mengukur umur sebuah bangunan (kuno) itu hanya bisa dilakukan 2 cara : Astronomi & Geologi. Lho koq astronomi ?

29. Astronomi itu sering digunakan sbg simbol penanggal. Di budaya jawa juga ada, coba dech sekali2 pas ke keraton, minta jelasin soal ini

30. Hoover Dam di AS. Mereka bikin “star map“, krn tau posisi bintang2 di langit selalu berubah dari masa ke masa (precession of equinoxes).

31. “Star Map” di Hoover Dam itu mengacu pada peresmian bendungan itu oleh Presiden F.D. Roosevelt, 30 September 1935. Keren ya …

32. Star Maps itu seperti kalendar sepanjang masa. Jadi kalo suatu saat peradaban punah akibat bencana, maka manusia msh bs menetukan waktu.

33. Lalu adakah simbol yg ditinggalkan pembuat Piramida? Jreng … jreng …

34. Pembuat Piramida tentu meninggalkan ‘Kode-kode Cerdas’ . Ketiga Piramid itu sangat presisi dan akurat menggambarkan tiga bintang Orion.

35. ORION ( bukan Mall ya …) adalah rasi bintang yang sangat signifikan sepanjang sejarah peradaban kita. Ini lho Orion Belt …

36. Presisi letak tiga Piramid Giza itu luar biasa akurat dengan tiga bintang Orion. Kebangetan banget kalo ini dibilang kebetulan.

37. Dari info itu, saintis bisa melacak, kapan 3 bintang Orion itu terafiliasi dgn 3 Piramida tsb. Dan hasil-nya adalah .. jreng .. jreng

38. Betul. Umur Piramida menurut ‘ kode cerdas’ yg ditinggalkan dan hitungan pelacakan bintang adalah 10.500 SM… tua juga ya …

40. Lalu bagaimana tinjauan Geologi? Tdk seperti matter ( materi ), bangunan memang nggak bisa di Carbon Dating. Bener apa bener ?

41. Tapi ada cara lain, dgn ciri geologi alam yaitu pola erosi. Kalau erosi vertikal spt ini adalah erosi yg terbentuk dari air.

42. Nah.., kalo yang seperti ini, erosi yg terbentuk dari angin … ( keren bentuk-nya ya. kaya Marina Bay Sands )

43. Lalu bagaimana bentuk erosi di Piramida Mesir ?? Yg ada didinding Piramida & Spinx statue seperti ini … Erosi Air dan Angin

44. Pertanyaan-nya? Kapan ada curah hujan besar (curahan air besar) seperti itu? Yg pernah tercatat adalah terjadi di jaman Nabtian Pluvial

45. Nabtian Pluvial adalah jaman mencair-nya jaman es (Meltdown) yaitu sekitar 10.500 SM … sama ya seperti hitungan ” Kode Cerdas ”

46. Pertanyaan selanjutnya, adakah peradaban maju di era itu … ( Meltdown, jadi inget film Ice Age … Sid the Sloth, King Of Flame)

47. Jawabannya terjawab ketika dikemukakan adanya Lost Civilization oleh Geological Society of America yg di publikasikan The Newyork Times.

48. Adalah situs purba Gobekli Tapei di Turki, yg menjelaskan semua-nya. Megalithikum di Turki ini dibangun sekitar 10.500 SM.

49. Sampai sekarang masih belum diketahui siapa yg membuat situs purba tersebut. Even pemerintah Turki tdk berani meng-klaim.

50. – END – …. Udah ya … Akuh Lelah …

 

Adityawarman @aditnamasaya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY