Penyidik ‘KPK’ China diduga terima suap saat usut korupsi asuransi

0
15

Lingkarannews.com – Seorang mantan penyidik Komisi Pusat Pengawas Disiplin (CCDI) yang mengurusi masalah korupsi di China dipecat dari keanggotaan Partai Komunis China. Penyebabnya adalah dia justru terlibat dalam perkara rasuah.

Dilansir dari laman Reuters, Rabu (2/8), dalam pernyataan diterbitkan organisasi itu disebutkan salah satu mantan penyidik, Zhang Huawei, justru menerima duit suap. Dia tadinya menjabat sebagai wakil inspektur jenderal pada sebuah kementerian ditempatkan oleh Tim Inspeksi Pusat.

“Dia telah kehilangan idealisme dan keyakinannya,” tulis CCDI dalam pernyataannya.

CCDI menyatakan sudah menyelidiki perkara suap melibatkan Zhang pada April lalu. Hal itu sebagai upaya membongkar kelakuan buruk anggota mereka. Zhang terlibat bersekongkol dengan pejabat bernama Xiang Junbo saat menyelidiki penyimpangan dana asuransi.

CCDI mulai bersih-bersih sejak awal 2017, dengan menjerat anggotanya yang main mata saat menyidik perkara korupsi. Mereka juga semakin giat memburu koruptor dan membikin sejumlah aturan yang membatasi ruang gerak para penyidik, supaya mereka tidak menyalahgunakan wewenang dan disiplin. Padahal mereka ditugaskan buat menyelidiki dugaan penyelewengan di lembaga pemerintah, tetapi malah berakhir dengan persekongkolan.

Partai Komunis China juga mulai gerah karena pejabat pemerintah tidak jera juga melakukan korupsi. Mereka kini berniat mengubah sistem pengawasan dan berencana membentuk Komisi Pengawasan Nasional.(merdeka.com)

adw

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY