Pentagon Mulai Kembangkan Teknologi Tentara Robot

0
186

Lingkarannews.com Teknologi- Pentagon baru-baru ini memamerkan sejumlah inovasi teknologi militer milikinya. Di antaranya adalah tentara robot hingga lengan ular yang dapat menemukan retakan sepanjang 0,0005 milimeter.

Tentara robot dan lengan ular itu hanyala dua dari inovasi teknologi militer AS yang tengah menggelar pameran pada pekan ini. Defense Laboratory Enterprise memperagakan lebih dari 80 benda pameran dua tahunan Lab Day yang berlangsung 18 Mei 2017.

Inisiatif ini adalah ‘memamerkan’ inovasi dari jaringan yang terdiri dari 63 laboratorium pertahanan, pusat peperangan dan pusat rekayasa yang beroperasi di seluruh Amerika Serikat. Perhelatan ini memberikan kesempatan bagi komunitas Departemen Pertahanan untuk melihat dari dekat proyek-proyek dalam beragam tahapan pengembangan dan kesiapan. Demikian seperti dikutip dari VOANews pada Senin (21/5/2017).

Image result for robot soldier pentagon

Angkatan Darat AS sedang mengembangkan cara-cara untuk menggunakan robot bukan sebagai alat namun sebagai rekan satu tim. Laboratorium Riset Angkatan Darat memperagakan beberapa robot yang dapat digunakan sebagai induk untuk mengembangkan algoritma piranti lunak untuk kecerdasan buatan dan tujuan pembelajaran berbasis mesin.

Image result for robot soldier pentagon

Stuart Young, kepala Kontrol Aset dan Cabang Perilaku, mengatakan pada VOA tujuannya adalah untuk melindungi para prajurit dengan menggunakan teknologi untuk “memanipulasi benda yang tidak diketahui di dunia yang tidak diketahui.”

Timnya sedang mengembangkan algoritma Kecerdasan Buatan yang dapat mengeneralisasi dan memahami apa yang terjadi di lingkungan robot.

“Dan begitu kita memperoleh informasi tersebut, kita dapat memanipulasinya untuk mencapai misi yang harus dilakukan oleh robot,” kata Young.

Misi-misi robot semacam itu bisa berkisar dari menembus posisi pertahanan musuh hingga menyingkirkan piranti peledak spontan, atau sekedar menyingkirkan benda berukuran besar sementara para prajurit berada di lokasi yang lebih aman.

Red

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY