Mengapa Trump memecat James Comey Direktur FBI? Inilah Alasan Utamanya

0
1833

Lingkarannews.com Washington- Presiden Donald Trump telah memecat Direktur FBI James Comey, karena alasan utama, bagaimana James Corney menangani penyelidikan FBI terhadap penggunaan server email pribadi Hillary Clinton, berdasarkan dokumen yang diberikan oleh Gedung Putih.

Comey, adalah seorang pejabat yang ditunjuk Obama, yang sebelumnya mendapat dukungan bipartisan, juga memimpin penyelidikan terhadap tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS 2016 dan menuduh hubungan antara Moskow dengan kampanye Trump.

“Meskipun saya sangat menghargai Anda untuk memberi tahu saya, dalam tiga kesempatan terpisah, bahwa saya tidak dalam penyelidikan kasus tersebut, namun saya sependapat dengan keputusan Departemen Kehakiman bahwa Anda tidak dapat memimpin biro secara efektif,” kata Trump dalam sebuah surat Untuk Comey

Image result for director FBI James B corney fired about macron

“Penting untuk menemukan kepemimpinan baru bagi FBI untuk memulihkan kepercayaan publik dan kepercayaan terhadap misi penegakan hukum yang vital,” Trump menambahkan.

Senator Dick Durbin mengatakan di Senat bahwa pemberhentian terhadap Comey menimbulkan pertanyaan “mengenai apakah benar adanya campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden terakhir … juga akan diselidiki oleh FBI.”

Durbin meminta Gedung Putih untuk mengklarifikasi apakah investigasi akan berlanjut atau tidak, Durbin menambahkan bahwa setiap usaha untuk menghentikan atau merusak penyelidikan FBI akan “menimbulkan masalah konstitusional yang serius”.

Dalam mengumumkan keputusan presiden tersebut, Gedung Putih mengatakan bahwa Trump bertindak berdasarkan rekomendasi dari kedua Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein dan Jaksa Agung Jeff Sessions.

“Direktur FBI harus menjadi seseorang yang mengikuti peraturan dan prinsip Departemen Kehakiman yang setia dan yang memberi contoh yang tepat untuk petugas penegakan hukum dan pihak lain di Departemen,” tulis Sessions dalam sebuah surat kepada Mr. Trump.

“Oleh karena itu, saya harus merekomendasikan agar Anda melepaskan Direktur James B Comey, Jr dan memilih individu yang berpengalaman dan berkualitas untuk memimpin pria dan wanita hebat FBI.”(Independent)

 

Adityawarman @aditnamasaya

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY