Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Sukses Menjalani Operasi Jantung

0
430

Lingkarannews.com – Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi menjalani operasi jantung pada usia 79 hari Selasa kemarin, dokter kepala operasi menggambarkan keberhasilan operasi tersebut dan para pendukungnya disambut sebagai tanda bahwa ia bisa segera kembali ke keributan politik.

Pimpinan Sentral-Kanan dan media mogul tersebut dibawa ke rumah sakit pekan lalu karena menderita apa yang dokter sebut perlemahan jantung yang dapat mengancam jiwa. Berlusconi, masih terlibat dalam politik aktif, telah dipakaikan alat pacu jantung dalam dekade terakhir.

Ia menjalani operasi selama empat jam di rumah sakit swasta San Raffaele di Milan untuk mengganti katup aorta yang rusak.

“Operasinya berjalan seperti yang direncanakan, sangat baik, tanpa komplikasi,” kata ahli bedah Ottavio Alfieri kepada Reuters. “Dia dalam perawatan intensif sekarang.”

Adik Berlusconi, Paolo, kepada wartawan di luar rumah sakit, yang terkenal untuk unit jantung nya, bahwa Berlusconi telah meniupkan biasanya seluruh operasi.

“Kami tidak terlalu khawatir sebelumnya. Kami bahkan lebih santai sekarang,” katanya.

“Mentalnya sangat kuat dan dalam kondisi yang baik, saya yakin bahwa dia akan mengatasi persidangan ini dan akan keluar dari semua masalah ini seperti sediakala, atau bahkan lebih kuat dan dari yang perkirakan dari sebelumnya.”

Empat kali persidangan utama, ia mamou bertahan dari banyak kejanggalan diplomatik, kuasa hukum dan kontroversi, termasuk tuduhan dia melakukan hubungan seks dengan gadis di bawah umur dan pesta pora host.

Keluarga dan para pendukung telah berjaga di rumah sakit sejak dia mengakui tentang sakitnya. Salah satu pendukung mendirikan banner – ” Forza Silvio Jangan menyerah” – sementara pacarnya, 30 tahun Francesca Pascale, digambarkan di media lokal menyeka air mata sambil melihat keluar dari jendela rumah sakit.

Francesca merasa emosional seperti kebanyakan wanita. Dia berada disisi Berlusconi, satu demi satu anak-anaknya akan tiba,” kata Paolo Berlusconi.

Seorang pejabat rumah sakit mengatakan Berlusconi akan tinggal dalam perawatan intensif selama 48 jam dan akan berada di bawah sedasi sampai Rabu.

Dalam sebuah posting di Facebook, Berlusconi menulis pada hari Senin: “Tentu saya khawatir, tapi saya telah sangat menghibur dengan curahan kasih sayang dan dukungan yang telah datang dari banyak pihak, termasuk dari musuh politik.”

Dokter pribadi Berlusconi, Alberto Zangrillo, mengatakan pekan lalu, bahwa Berlusconi dalam kondisi sangat serius ketika ia dibawa ke rumah sakit, namun diharapkan pulih sepenuhnya dari operasi dalam waktu satu bulan.

Kelompok fanatic Sentral-Kanan Partai Berlusconi telah semakin terfragmentasi dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar karena ia kehilangan cengkerama kekuasaan pada 2011 di puncak krisis utang zona euro.

Partai Forza Italia (Go Italia!) miliknya menderita karena nasib percampuran dalam pemilu lokal bulan ini, dengan kandidatnya walikota Roma menempati peringkat keempat.

Berlusconi dipaksa untuk mundur dari panggung politik ketika ia dikeluarkan dari Senat pada 2013 menyusul keyakinan pada kasus penipuan pajak.

Tahun lalu, sebuah pengadilan di Italia selatan menemukan dia bersalah menyuap seorang senator untuk beralih faksi dalam sebuah perencanaan yang membantu menggulingkan pemerintah Setral-Kiri tahun 2008.

( ADW/NDI )

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY