Makna 469 pada Helm Rossi di MotoGP Italia

0
57

Lingkarannews.com – Valentino Rossi menggunakan GP Italia untuk memberi penghormatan kepada mendiang Nicky Hayden dan mantan kapten AS Roma, Francesco Totti. The Doctor memberi penghormatan untuk keduanya melalui helm terbaru.

Sudah menjadi tradisi Rossi menggunakan helm spesial setiap tampil di GP Italia. Kali ini, pebalap 38 tahun itu menggunakan helm spesial untuk menghormati Hayden dan Totti.

Di bagian atas helm ada gambar kartun Rossi memakai jersey bernomor punggung 46 dan sedang memegang bola. Gambar yang seolah-olah menggambarkan akan melakukan tendangan penalti. Dan gambar ini merujuk pada momen semifinal Euro 2000 antara Italia versus Belanda.

Tulisan “Mo je faccio er cucchiaio”, yang berarti, “Saya akan menaklukkan dia!”, adalah kalimat yang diucapkan Totti sebelum dia melakukan tendangan penalti ‘panenka’ ke gawang kiper Edwin van der Sar. Italia akhirnya menang 3-1 atas Belanda dalam adu penalti.

Kemudian di bagian belakang helm terdapat bendera Italia: hijau, putih dan merah. Serta terdapat pula tulisan, “Un capitano…ce solo un capitano”, yang berarti, “Seorang kapten…hanya ada satu kapten.”

Lagi-lagi kalimat itu merujuk pada Totti yang pensiun akhir pekan lalu. Il Capitano adalah julukan bagi mantan kapten AS Roma tersebut.

Dikutip dari GP Xtra, Rossi menghormati Hayden dengan memberi nama helm di GP Italia ‘The 469’. Angka itu adalah perpaduan antara nomor balapnya, 46, dengan nomor balap Hayden, 69.

 

red

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY