Korea Utara Menembakkan Rudal Darat ke Kapal Korea Selatan

0
947

Lingkarannews.com Seoul- Korea Utara menembakkan beberapa rudal darat ke kapal di pantai timur pada hari Kamis, kata militer Korea Selatan, dalam rangkaian uji coba rudal yang cepat terbaru dalam menentang tekanan dunia untuk mengendalikan program senjatanya.

Peluncuran tersebut dilakukan kurang dari seminggu setelah Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan sanksi baru mengenai negara tertutup tersebut, yang mengatakan akan terus melanjutkan program nuklir dan misilnya tanpa penundaan.

Rudal tersebut diluncurkan Kamis pagi dari kota pesisir Wonsan, Korea Utara, dan terbang sekitar 200 km (124 mil), kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah diberitahu mengenai peluncuran terakhir, kata militer, menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

“Korea Utara meluncurkan beberapa proyektil yang tampaknya merupakan rudal jelajah darat-ke-kapal jarak pendek hari ini di lepas pantai timur dari wilayah Wonsan,” kata kantor tersebut dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa Seoul dan Washington menganalisis peluncuran lebih lanjut informasi.

Peluncuran Kamis adalah uji coba rudal keempat oleh Korea Utara sejak Bulan mulai menjabat pada tanggal 10 Mei berjanji untuk melakukan dialog dengan Pyongyang, dengan mengatakan bahwa sanksi dan tekanan saja telah gagal menyelesaikan ancaman yang terus meningkat dari program nuklir dan rudal Korea Utara yang sedang maju.

Korea Selatan mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya akan menunda pemasangan komponen sistem pertahanan anti-rudal A.S. yang kontroversial sampai menyelesaikan penilaian terhadap dampaknya sistem tersebut terhadap lingkungan.

Di bawah pemimpin generasi ketiga Kim Jong Un, Korea Utara telah melakukan tes semacam itu dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam upaya untuk mengembangkan rudal balistik antar benua (ICBM) yang mampu menyerang daratan Amerika Serikat.

Dalam tiga peluncuran sebelumnya, Korea Utara menguji berbagai jenis rudal balistik, dua rudal jarak menengah hingga jarak jauh serta senjata kelas pendek Scud.

Peluncuran rudal anti-kapal yang jelas pada hari Kamis mengikuti perintah Kim untuk mengembangkan rudal balistik Korea Utara yang benar-benar menyerang sasaran seperti kapal musuh, yang dilaporkan di media negara bagiannya akhir bulan lalu seperti dikutip dari Reuters [REUTERS]

Adityawarman @aditnamasaya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY