Hackers Berhasil Mencuri 20 Juta Akun Pengguna Alibaba Dot Com

0
598

Lingkarannews.com – Pejabat Cina mengungkapkan aktivitas peretasan besar di raksasa internet bisnis Alibaba. Pejabat yang berwenang mengatakan lebih dari 20 juta akses profil dari perusahaan retail Taobao tercuri sejak oktober 2015. Detail akses yang dicuri dapat digunakan sebagai akses pengguna untuk mengakses data akun tersebut.

Problem detail akun pengguna dicuri pertama kali melalui cloud service dari Alibaba. Menurut Paul Carsten, Kontributor untuk teknologi informasi Reuters di China, Secara Financial gangguan aktivitas hacking ini tidak banyak pengaruh bagi Alibaba, namun kejadian ini jelas mengganggu kredibilitas perusahaan raksasa sekelas Alibaba.

“Peretasan masal ini tidak akan merugikan Alibaba (secara financial), namun jelas mengganggu kredibilitasnya” Ujar Paul.

Pihak Alibaba sendiri mengklaim telah mengatasi gangguan peretasan ini, namun demikian banyak pemerhati keamanan internet justru meragukan klaim Alibaba, dan menyalahkan sistem keamanan yang dimiliki Alibaba.

“Jika administrator sistem keamanan mereka telah bertindak protektif, seharusnya jumlahnya (Akun yg diretas) tidak akan sebesar ini (20 juta akun – red)”

Alibaba adalah perusahaan e-commerce terbesar di China dengan total transaksi lebih dari US$ 240 Milyar tahun lalu. Alibaba telah mencatatkan diri sebagai perusahaan dengan IPO (Initial Public Offering) terbesar didunia, yang menghasilkan US$ 25 Millyar.

Kini Alibaba telah menjelma sebagai perusahaan e-commerce terbesar didunia mengalahkan Ebay dan Amazon.

(ADW/NDI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY