Demonstrasi Ribuan orang serentak di Malaysia, tuntut PM Nazib Razak Mundur

0
538

 

 

Lingkarannews.com- Gerakan Bersih 4.0 rencananya akan menggelar unjuk rasa serentak di Kuala Lumpur, Kota Kinabalu, serta Kuching. Ribuan orang bergabung dengan agenda penggeraknya yang ingin Perdana Menteri Najib Razak mundur dari posisinya setelah tersangkut skandal dana dari 1MDB.

Sejauh ini lokasi dimulai unjuk rasa masih tenang. Astro Awani melaporkan, Sabtu (29/8) beberapa polisi sudah menjaga kawasan Dataran Merdeka, di Kuala Lumpur, yang menjadi titik konsentrasi para peserta demonstrasi. Sesuai jadwal, warga yang sepakat dengan agenda perjuangan Bersih 4.0 berkumpul pada pukul 14.00 waktu setempat.

Titik-titik padat Kuala Lumpur seperti Masjid Raya, Maju Junction, Museum Nasional, hingga komplek perbelanjaan Sogo akan ditutup sesuai perkiraan arus massa.

Polis Diraja Malaysia sudah memastikan tidak mengeluarkan izin untuk unjuk rasa damai tersebut. Kepala Polisi Kuala Lumpur, Datuk Tajuddin Isa mengatakan kumpulan warga akan dibubarkan.

“Kami akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku untuk peserta pawai,” ujarnya seperti dilansir the Borneo Post.

Pemerintah Malaysia sedang gencar-gencarnya menyerang balik semua pihak yang mempertanyakan kelanjutan kasus 1MDB. Sejak kemarin, situs bersih.org yang mengajak jutaan masyarakat berunjuk rasa menuntut Najib mundur, diblokir.

Kumpulan lembaga swadaya Bersih 4.0 menggelar unjuk rasa sejak 2009. Sesuai namanya, ini kali keempat demonstrasi skala besar digelar oleh aktivis demokrasi. Sebelumnya, unjuk rasa bersih pada 2012 menuntut pemilu yang adil memicu kerusuhan di Kuala Lumpur. Saat itu, pimpinan unjuk rasa adalah tokoh oposisi Anwar Ibrahim, seperti dilansir dari laman media merdeka.com

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY