Cerita Dibalik Slogan ‘Make America Great Again’

0
542

Lingkarannews.com – Slogan ini diciptakan tahun 1979ketika ekonomi Amerika Serikat mengalami stagflasi. Ronald Reagan pertama kali menggunakannya dalam kampanye presiden tahun 1980. Slogan ini juga digunakan oleh mantan Presiden Bill Clinton dalam kampanye presiden tahun 1992, tetapi ia mencap slogan ini siulan rasis pada pilpres 2016.

Digunakan Oleh Donald Trump

Trump mengarang slogan ini pada November 2012, sehari setelah Barack Obama menang pemilu melawan Mitt Romney. Ia awalnya mengarang “We Will Make America Great” dan “Make America Great”. Setelah memilih “Make America Great Again”, ia langsung mendaftarkannya ke kantor paten; Trump mengaku baru tahu pada tahun 2015 bahwa Reagan pernah memakainya tahun 1980, tetapi “ia tidak mempatenkannya sebagai merek dagang”.

Pada tanggal 12 November, ia mengajukan hak eksklusif penggunaan slogan ini kepada United States Patent and Trademark Office untuk keperluan politik. Slogan ini terdaftar sebagai merek jasa pada tanggal 14 Juli 2015 setelah Trump secara resmi memulai kampanye presidennya tahun 2016. Ia menegaskan bahwa slogan ini digunakan untuk keperluan yang tercantum dalam permohonan merek jasa.

Iklan “Vote To Make America Great Again” di pinggir jalan California setelah pemilu November 2016.Semasa kampanye, Trump sering melontarkan slogan ini sambil mengenakan topi bertuliskan slogan tersebut.

Slogan ini dipandang sangat penting sampai-sampai tim kampanye Trump menggelontorkan lebih banyak dana kampanye untuk memproduksi topi berslogan ini—seharga $25 di situsnya—daripada jajak pendapat, konsultan, dan iklan televisi. Trump mengklaim bahwa “jutaan topi” laris terjual. Usai kemenangan Trump dalam pemilu, situs transisi presidennya memakai alamat greatagain.gov.

Pada Januari 2017, Trump mengatakan bahwa slogan kampanyenya tahun 2020 nanti adalah “Keep America Great!” dan permohonan merek dagangnya telah diajukan ke kantor paten.

Setelah Donald Trump memopulerkan frasa ini, slogan versi asli dan alternatifnya digunakan untuk menyebut kampanye presidennya dan politiknya. Lawan utama Trump, Ted Cruz dan Scott Walker, melontarkan “Make America Great Again” dalam pidato mereka. Trump langsung mengirim surat cekal kepada mereka. Ia mengklaim bahwa setelah pemilu, topi berslogan ini “sayangnya ditiru. Topi ini ditiru 10 kali lebih banyak … tetapi demikianlah slogannya, dan setiap kali ada satu pembeli, topi ini menjadi iklan”.

Cruz kemudian menjual topi bertuliskan “Make Trump Debate Again” sebagai tanggapan terhadap aksi Trump yang memboikot debat 28 Januari 2016 di Iowa.

Media, khususnya komedi televisi, cukup sering menggunakan frasa ini dalam versi asli dan alternatifnya. Dalam episode South Park tahun 2015, “Where My Country Gone?”, para pendukung Mr. Garrison yang menjalankan parodi kampanye Trump memegang papan bertuliskan slogan in.

John Oliver mengolok-olok slogan ini dalam sebuah segmen acaranya. Ia meminta para penontonnya mengganti nama Donald Trump menjadi Donald Drumpf (“Make Donald Drumpf Again”) agar sesuai dengan nama asli leluhur Trump.Segmen ini mencetak rekor penonton HBO dengan jumlah 85 juta orang.

Comedian Tur komedi tunggal David Cross, “Making America Great Again”, dan album remiks Fall Out Boy, Make America Psycho Again, juga diturunkan dari slogan Trump.

Bintang WWEDarren Young dan mantan bintang Bob Backlund tampil di WWE TV pada Mei 2016; Backlund berperan sebagai pelatih Young dan mengatakan “Make Darren Young Great Again”.

Slogan ini dimodifikasi agar bisa digunakan secara komersial di berbagai poster film dan iklan. Slogan film The Purge: Election Year adalah “Keep America Great” dan versi alternatif ini dicantumkan di posternya dan iklan pemilu palsunya.

Pada September 2016, The Berrics merilis rangkaian kampanye “Make EA Skate Again” yang meminta Electronic Arts mengembangkan permainan Skate 4.

Kampanye General Mills, “Smugglaroos”, yang meminta warga Kanada membawa Dunk-a-roos ke Amerika Serikat (produksi Dunk-a-roos dihentikan di A.S.) menggunakan slogan “Make America Dunk Again”(sumber:wikipedia.org)

ADW/NDI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY