Catat, 4 hal yang bisa sebabkan Gagal Ginjal!

0
1812

 

 

Lingkarannews.com- Ginjal menjaga tubuh tetap sehat dengan mengatur tekanan darah dan menyaring racun, serta menyaring kelebihan cairan dari darah. Kerusakan ginjal bisa dipicu berbagai hal, termasuk konsumsi makanan atau minuman tertentu. Nah, berikut adalah lima hal yang bisa merusak ginjal. Yuk kita simak bersama!

1. Menggunakan obat penghilang rasa sakit dalam jangka panjang yang lama
Ini 4 hal yang bisa sebabkan gagal ginjal!

Penggunaan jangka panjang dari obat-obatan tertentu, terutama yang memiliki dosis tinggi, mempunyai efek yang merugikan pada jaringan dan struktur ginjal.

Sementara itu, obat penghilang rasa sakit dapat merusak dan mengurangi aliran darah ke ginjal. Sebanyak 1 sampai 3 persen dari kasus gagal ginjal kronis biasanya disebabkan oleh konsumsi obat penghilang rasa nyeri yang berlebihan.

2. Merokok
Ini 4 hal yang bisa sebabkan gagal ginjal!

Merokok tidak hanya merusak paru-paru dan jantung Anda, tetapi juga ginjal Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok lebih mungkin untuk memiliki protein dalam urine, yang merupakan tanda dari kerusakan ginjal.

Penyakit lain yang mempengaruhi ginjal adalah diabetes dan tekanan darah tinggi. Kondisi itu akan semakin buruk bila Anda merokok. Jadi sebaiknya berhentilah merokok atau jauhi asap rokok.

3. Makanan dan minuman yang mengandung banyak gula
Ini 4 hal yang bisa sebabkan gagal ginjal!

Bila ingin memiliki ginjal yang sehat, sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes dan obesitas.

Mereka menjadi salah satu faktor risiko untuk penyakit ginjal. Menghilangkan gula dari diet Anda atau mengurangi asupan gula harian dapat mengurangi risiko diabetes, obesitas dan penyakit ginjal.

4. Mengonsumsi makanan tinggi natrium
Ini 4 hal yang bisa sebabkan gagal ginjal!

Kandungan natrium yang besar dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat memicu kerusakan ginjal dari waktu ke waktu dan menjadi penyebab utama dari gagal ginjal.

Mulailah dengan membatasi asupan makanan olahan dan menahan dorongan untuk makan sesuatu yang tinggi garam seperti keripik kentang, daging olahan, sosis, dll.

Inilah beberapa hal yang bisa merusak ginjal dan pada akhirnya memicu gagal ginjal. Ginjal adalah organ penting dalam tubuh yang bertugas menyaring racun dari darah, sehingga perannya sangat vital untuk tubuh.

 

sumber: merdeka.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY