Berikut Tarif Tol dari Jakarta Sampai Surabaya Untuk Mudik 2017

0
200

Lingkarannews.com Jakarta- Lebaran jelang 6 hari lagi. Anda yang sudah bersiap-siap mudik harus mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk jika ingin memanfaatkan jalan tol menuju kampung halaman.

Bagi para pemudik yang ingin ke Semarang dari Ciputat, Anda bisa menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang.

Adapun tarif tol yang mesti Anda siapkan menuju Semarang dari Jakarta melalui jalan-jalan tol tersebut adalah Rp 162.500.

Biaya tersebut digunakan untuk membayar Tol Jakarta melalui Cikarang Utama-Palimanan Rp 109.500 dengan rincian Cikarang Utama-Cikopo Rp 13.500 dan Cikopo-Palimanan Rp 96.00.

Selanjutnya membayar tarif Rp 53.000 dari Palimanan-Gerbang Tol (GT) Brebes Timur dengan rincian Palimanan-Kanci Rp 11.500, Kanci-Pejagan Rp 21.500, dan Pejagan-Brebes Timur Rp 20.000.

Kendati melewati tujuh jalan tol, Anda hanya dibebankan membayar di dua GT yakni di Palimanan dan Brebes Timur karena telah diberlakukan sistem tol integrasi oleh operator tol.

Untuk ruas tol dari Brebes Timur hingga Gringsing, Anda tidak perlu bayar alias gratis pada saat ini. Sebab, ruas tol tersebut masih dibuka secara darurat.

Kemudian, jika Anda ingin melanjutkan ke Solo, maka kocek tol yang harus Anda bayarkan menjadi Rp 176.000 karena harus membayar tarif masuk tol Semarang-Solo senilai Rp 13.500.

Sementara itu, jika Anda ingin kembali melanjutkan perjalanan ke Surabaya maka Anda bisa melewati beberapa tol lagi yakni Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya.

Untuk Solo-Ngawi sepanjang 90,42 kilometer akan fungsional selama lebaran. Itu artinya, tol ini akan digratiskan selama lebaran ini.

Pun halnya dengan Tol Ngawi-Kertosono, dari ketiga seksi yang dibangun, dua di antaranya yakni Seksi 1 Ngawi IC-Madiun IC Segmen Klitik-Sawahan sepanjang 19 kilometer dari 20 kilometer masih fungsional dan Seksi III Caruban IC -Nganjuk IC khusus Segmen Purworejo-Wilangan fungsional sepanjang 18 kilometer dari 21,06 kilometer.

Sedangkan untuk Kertosono-Mojokerto, dari lima seksi yang ada, dua antaranya sudah operasional, yakni Seksi 1 Bandar-Jombang. Untuk masuk tol ini, Anda harus membayar sebesar Rp 10.000.

Sementara tiga seksi lainnya akan fungsional pada lebaran ini.

Berikutnya pada Tol Mojokerto-Surabaya, pemudik diharuskan membayar sebesar Rp 15.500 untuk bisa melalui seksi Krian-Mojokerto.

Selebihnya, tiga seksi tambahan akan difungsionalkan pada Lebaran 2017 adalah Seksi IB Sepanjang-WRR 4,3 kilometer dan Seksi II WRR-Driyorejo 5,07 kilometer.

Jadi, kocek tol yang mesti dirogoh pemudik untuk sampai ke Surabaya adalah sekitar Rp 201.500.[kompas.com]

red

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY