Berikut Informasi Rest Area Sepanjang Jalur Mudik Tol Cipali

0
27

Lingkarannews.com Mudik- Rest area atau tempat peristirahatan menjadi salah satu titik penting dalam mudik setiap perayaan Idul Fitri. Bagaimana persiapan di tol Cipali pada mudik 2017 ini?

Arus mudik 2017 sudah mulai terjadi sekitar satu minggu jelang Idul Fitri, yang kemungkinan jatuh pada akhir pekan mendatang. Jalur Tol Cipali menjadi jalan utama bagi para pemudik menuju Jawa Tengah.

Perjalanan panjang sejauh 150 KM lebih tentu bakal menguras stamina para pemudik. Tempat peristirahatan tentu diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh.

Total ada empat rest area sepanjang jalur Tol Cipali menuju Brebes Timur. Ada dua rest area yang dilengkapi tempat pengisian bahan bakar (SPBU), yaitu KM 102 dan KM 166.

Rest area KM 102 menjadi tempat peristirahatan paling besar di antara keempatnya. Sementara rest area KM 86 dan KM 133 hanya cocok menjadi tempat pemberhentian sementara untuk membeli bekal atau kebutuhan lainnya.

Trek lurus di sepanjang ruas tol Cikopo – Palimanan (Cipali) kerap disebut sebagai penyebab pengemudi merasa ngantuk dan berujung pada celaka. Oleh sebab itu, istirahat di rest area jadi solusi pas agar kembali fit.

Ruas tol sepanjang 116,75 kilometer tersebut memang didominasi trek lurus tepatnya dari mulai gerbang tol Cikopo di KM 78 hingga sekitar KM 120.

Rest area di KM 86 dan KM 130 merupakan tipe B, sementara rest area di KM 102 dan KM 166 merupakan tipe A. Apa bedanya?

Perbedaan paling mencolok dari keduanya yaitu luas wilayah serta fasilitas SPBU. Rest area tipe A dilengkapi SPBU sedangkan tipe B tidak.

Foto: Dhani Irawan/detikcom

Fasilitas standar yang dapat ditemui di rest area KM 86 yaitu sebuah mushola, toilet umum, tempat parkir, kantin dan restoran. Fasilitas serupa ditambah SPBU bisa dijumpai di rest area KM 102, serta wilayah yang lebih luas.

Ada sekitar 6 kantin di rest area KM 86 yang menjajakan makanan berat, makanan ringan serta minuman. Selain itu, ada pula 2 buah mini market serta sejumlah gerai makanan. Untuk toiletnya, rest area KM 86 cukup bersih tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Hal serupa dapat dijumpai di rest area 130.

Sementara itu, kondisi serupa juga dapat ditemui di rest area KM 102. Perbedaannya yaitu tentang luas wilayah dan keberadaan SPBU. Kondisi rest area pun telah berbenah dibandingkan tahun lalu.

Foto: Dhani Irawan/detikcom

Apabila tahun lalu masalah air di toilet membuat pemudik kesal dan membeli air botol, tahun ini pengelola menjamin ketersediaan air di toilet untuk memudahkan pemudik.

Terlepas dari itu, pemudik disarankan memilih rest area sesuai kebutuhan dan tidak berlama-lama berada di rest area untuk menghindari penumpukan.

red

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY