4 Milyarder Retail, Diantara Milyarder Teknologi Dalam Jajaran 20 Manusia Terkaya Didunia

0
607

Lingkarannews.com Jakarta – Belum lama ini Forbes merilis daftar 100 orang terkaya didunia. Sepuluh peringkat teratas masih ditempati nama yang sama, hanya posisi-nya yang berubah.

Ada yang menarik dari daftar orang terkaya didunia dalam dua tahun terakhir. Milyarder yang memiliki latar belakang bisnis minyak dan gas, satu-satu terdepak. Bahkan dalam 20 peringkat teratas, tidak menyisakan satu milyarder pun yang berlatar belakang bisnis miyak dan gas.

Penyebab terlempar-nya mereka dalam percaturan wealthiest man in the world, apalagi kalau bukan hancurnya harga minyak bumi yang belum kunjung pulih. Sejak tahun 2015, hingga saat ini, harga minyak bumi terpatok pada harga US$ 40 – US$60 perbarel. Dibanding dengan harga Minyak bumi pada sebelum 2015 yang berada pada kisaran US$ 100 – US$120 per barrel, maka secara kasat mata dapat dihitung, tergerusnya penghasilan para Milyarder minyak tersebut, yang hampir 50%. Itu belum terhitung kerugian investasi yang baru mereka lakukan, serta pinjamn beserta bunga yang mengikuti-nya.

Selain terlempar-nya para Milyarder Minyak, hal cukup mengejutkan adalah masuk-nya milyarder-milyader baru yang berlatar belakang bisnis retail, consumer good, dan fashion. Paling tidak ada 4 nama milyarder yang masuk dalam daftar 20 teratas. Mereka adalah :

1. Amancio Ortega

Amancio OrtegaAmancio Ortega adalah pemilik Zara group. Perusahaan Retail raksasa dengan Brand utama Zara yang sebaran-nya sudah mencapai hampir setengah belahan dunia. Amancio Ortega yang berkebangsaan Spanyol ini, Milyarde berlatar belakang bisnis retail pertama yang berhasil menembus daftar manusia terkaya didunia. Tahun ini adalah tahun ke-10 Amncio masuk dalam jajaran 100 manusia terkaya didunia.

2. Bernard Arnault & Family

Bernard ArnaultMengikuti kesuksesan Amancio Ortega menembus daftar orang terkaya didunia, Bernard Arnault mulai masuk dalam barisan 100 manusia terkaya pada 2010. Dibawah nama LVMH, Barnard Arnault berhasil memiliki beberapa brand besar seperti : Louis Vuitton, Tag Heuer, Bulgari, Sephora dan Dom Perignon. Semua retail yang dimiliki Arnauld adalah retail khusus brand-brand ekskusif yang menyasar kalangan menengah keatas.

3. Liliane Bettercourt & Family

Liliane BettercourtMendengar nama-nya publik mungkin masih bertanya-tanya siapa Liliane Betterncourt, namun jika mendengar nama brand produk yang ia miliki, publik pasti langsung mengenali. Liliane Bettercourt adalah pemilik produk L’Oreal, produk consumer good yang distribusi-nya hampir keseluruh dunia. Liliane tergolong pendatang baru dalam barisan manusia terkaya didunia. Seperti Arnauld, kehadiran Liliane cukup mengejutkan.

4. S. Robson Walton

S. Robson WaltonDiantara ketiga pewaris jaringan retail terbesar di Amerika Serikat Wal-Mart, hanya S. Robson Walton yang dipercaya sang Ayah, Sam Walton untuk mengelola jaringan retail Wal-Mart. Dua pewaris kekayaan Sam Walton yang lain ; Jim Walton dan Alice Walton, meski masuk dalam jajaran 20 orang terkaya di dunia, namun tidak bergerak di bisnis retail. Jim menjalankan Arvest Bank Group, sedangkan Alice adalah Chairman, Crystal Bridge Museum of America.

Sumber : Forbes

ADW / NDI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY