4 Kendaraan Militer Berdesain “Tidak Umum”

0
407

Lingkarannews.com Jakarta – Jika ada Pameo yang mengatakan bahwa kendaraan militer cenderung memiliki desain kaku dan konvensional, mungkin harus segera diralat. Karena pada perkembangannya kendaraan militerpun mengalami evolusi pada desain-nya dan tampilannya.

Jika telah familiar dengan Humvee, Marauder dan T-14 Armata, maka kita akan merasa bahwa desain kendaraan militer berikut memang ‘tidak Umum’.

1. PUNISHER Zil Karatel

Kendaraan tempur lapis baja baru ini dipresentasikan oleh Direktur FSB Rusia Alexander Bortnikov saat kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu. Direktur FSB Alexander Bortnikov secara pribadi telah mempresentasikan tiga produk baru termasuk ZJL Karatel yang memiliki kode personel lapis baja berlabel “The Punisher”, kendaraan lapis baja KAMAZ “Viking” dan kendaraan medan all-terrain 4×4.

Dia mempresentasikan kendaraan tempur tersebut sesaat setelah pidato tahunan Putin pada Federal Security Service Board Meeting, di mana dia menilai pencapaian departemen tersebut dari tahun sebelumnya.

Zil Punisher - RussiaThe “Punisher” diuji untuk pertama kalinya pada bulan Maret 2013 di tempat uji coba dekat Moskow. Kendaraan tersebut dirancang khusus untuk pasukan keamanan Rusia untuk digunakan dalam kontra-terorisme, patroli perbatasan dan misi keamanan internal.

Dikembangkan oleh Perusahaan Rusia ZiL, kendaraan ini menggunakan sasis roda empat dari truk Kamaz-4911. The Punisher dapat berjalan sampai kecepatan jalan maksimum 150 km / jam dengan berat total 12.000 kg. Kendaraan bermotor ini bermesin 8 silinder dengan mesin 730 hp.

The Punisher memberikan perlindungan balistik terhadap penembakan kecil kaliber 7.62mm. Kendaraan tersebut bisa membawa total 10 personil militer termasuk supir dan komandan. Ada dua pintu ditiap sisi lambung dan satu tangga hidrolik di bagian belakang.

Pengemudi dan komandan duduk di depan kendaraan di dekat kompartemen mesin. Enam kursi ditempatkan kembali ke belakang sepanjang sumbu longitudinal kendaraan dan dua ditempatkan menghadap ke belakang berturut-turut di antara poros belakang.

2. OBRUM PL – 01 Stealth Tank

Pada MSPO 2013 (Pameran Industri Pertahanan Internasional di Polandia), Perusahaan Pertahanan Polandia Obrum (sebuah subdivisi dari Defense Holding Polandia) telah meluncurkan konsep baru kendaraan tempur pendukung serangan, PL-01. Kendaraan baru dibuat di OBRUM sp. Z o.o. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perangkat Mekanik di Gliwice.

Tujuan dari proyek PL-01 adalah untuk menciptakan kendaraan tempur ringan dengan mobilitas dan kekuatan menyerang dari tank tempur utama generasi terbaru. Tank tempur utama modern umumnya memiliki berat total 50 sampai 60 ton, sedangkan PL-01 memiliki berat 35 ton. Keuntungan nyata dapat segera ditempatkan melalui pesawat angkut militer.

PL-01 Stealt Tank 2 - PolandiaOBRUM PL – 01 Stealth Tank, mungkin Tank ter”cantik” yang pernah dibuat. Layout PL-01 sangat mirip dengan tank tempur utama standar dengan pengemudi di bagian depan lambung kapal, menara tak berawak yang terpasang di bagian belakang. PL-01 telah dirancang dengan banyak sudut untuk mengurangi sensor radar. Ini juga diterapkan pada wafer berpendingin yang dipasang di lambung kapal dan menara untuk meningkatkan kamuflase teknologi siluman. Teknologi ini memungkinkan PL-01 untuk memadu padankan wilayah sensor inframerah untuk membingungkan sistem pelacakan senjata yang menggunakan inframerah.

PL-01 juga dilengkapi dengan sensor inframerah eksternal untuk membuat penyamaran tepat di bawah inframerah di lapangan. Tank juga dapat menciptakan efek pada wafer yang mengendalikan suhu agar terlihat seperti mobil atau benda biasa lainnya, tindakan penanggulangan yang efektif terhadap peralatan deteksi radar, inframerah, dan pandangan visual.

PL-01 dilengkapi dengan menara tak berawak yang bisa dipersenjatai dengan sebuah meriam kaliber 105 mm atau 120mm yang disesuaikan tembakan dengan amunisi klasik atau rudal berpemandu anti-tank. Pengisian dilakukan dengan menggunakan unit autoloader yang terletak di bagian belakang menara, dengan 16 putaran siap untuk diputar di autoloader menara dan 29 putaran disimpan pada sasis.

3. M80 Stiletto Naval Vessel

The M80 Stiletto menggunakan teknologi baru untuk mengurangi biaya konstruksi dan operasional, sekaligus meningkatkan kinerja dan kemampuan secara signifikan. Kapal ini merupakan prototipe kapal angkatan laut yang diproduksi oleh MSHIPCO sebagai percobaan operasional untuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Meskipun panjangnya hanya 88 kaki, bentangannya tidak lumrah berukuran 40 kaki dan – karena teknologi lambung dan struktur kompositnya – tampil seperti kapal yang jauh lebih besar.

Stiletto dikembangkan untuk misi militer berkecepatan tinggi di daerah perairan dangkal di pesisir pantai, dan perairan dekat pantai untuk mendukung pengaturan transformasi serangan Angkatan Laut. Tidak ada kapal berlambung yang dapat menyaingi kecepatannya, kualitas berkendara, kemampuan muatan dan dukungan kendaraan tak berawak.

M80 - Stilleto - US Naval VesselStiletto dirancang, dikembangkan dan dikirim dalam waktu setahun lebih sedikit untuk membandingkan bentuk lambung dan skalabilitas, konstruksi komposit dan metodologi rancang/bangun yang modern

Stiletto adalah kapal terbesar yang pernah dibangun untuk pemerintah A.S. dari material komposit canggih (serat karbon) untuk mengurangi berat dan meningkatkan kekakuan. Kinerja dan kemampuannya telah berhasil membuat jalur cepat desain dari eksperimental ke operasional.

Meskipun tidak dimaksudkan untuk beroperasi, Stiletto dikirim ke Kolombia untuk membantu memerangi perang A.S. terhadap obat-obatan terlarang yang menghasilkan penangkapan 1.800 lbs kokain.

Kinerja superiornya didasarkan pada patent teknologi global milik MSHIPCO yang disebut M-hull, menggunakan energi gelombang busur untuk menciptakan bantalan udara untuk perancangan yang lebih efisien. Rancangan kapal yang terisi penuh adalah 3 kaki dan dirancang untuk kecepatan 50-60 knot.

4. GHOST Navy’s Stealth Surface Vessel

Stealth Surface Vessel besutan Juliet Marine System ini adalah platform kapal teknologi eksklusif revolusioner yang akan menjamin perlindungan kekuatan melalui kemampuan tempur / serangan siluman bersamaan dengan kondisi situasi terpadu. Kapal-kapal ini akan menciptakan perimeter armada pelindung, menyediakan platform sensor dan senjata, yang meminimalisir adanya gangguan permukaan atau permukaan bawah.

Ghost - US Naval VesselGHOST adalah kombinasi dari pesawat tempur stealth dan teknologi helikopter tempur yang dikemas dalam platform laut. Kemampuan GHOST yang mengagumkan dirancang untuk menyediakan platform permukaan laut dan platform bawah permukaan untuk pelacakan dan mengidentifikasi beberapa target. Sistem mengintegrasikan senjata on-board dirancang untuk dapat menggunakan solusi erangan multi target dalam pengoprasian dengan kecepatan sangat tinggi. Sistem integrasi senjata ini juga memungkinkan untuk menyerang beberapa target bersamaan dengan berbagai pilihan sistem senjata.

Kemampuan yang sama bernilai helikopter dapat sampai ke lokasi yang sulit dijangkau dengan cepat, akan berlaku untuk GHOST dalam aplikasi komersial di lingkungan maritim. Rotasi kru atau persediaan cukup untuk barang-barang penting ke rig minyak lepas pantai dapat dilakukan dua sampai tiga kali lebih cepat daripada yang saat ini digunakan dan akan jauh lebih murah dan memiliki batasan cuaca yang lebih sedikit daripada menggunakan aset helikopter. GHOST dua sampai tiga kali lebih cepat dari kebanyakan feri yang digunakan saat ini.

Berbagai Sumber

ADW / NDI

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY