10 Negara Dimana Orang Super Kaya Menyembunyikan Kekayaan Mereka

0
116
!0 Negara Bebas Pajak. Sumber Gambar : Alux.com

Lingkarannews.com Jakarta – Mengumpulkan kekayaan bagi orang-orang kaya, tidaklah sesulit menyembunyikannya. Demi menyelamatkan kekayaan yang mereka miliki dari pantauan pihak berwenang ( Tax Authority ), para kaum super kaya ini rela melintas benua, bahkan pindah kewarganegaraan ke negara dimana mereka dapat dengan aman menyembunyikan kekayaan mereka. Bebas pajak, jaminan kerahasiaan, serta fasilitas pencairan yang mudah, adalah beberapa poin yang menjadi pertimbangan mereka.

Berikut negara-negara tujuan para kaum super kaya untuk menyembunyikan kekayaan mereka.

1. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab dengan ibukotanya Dubai, telah berkembang menjadi pusat keuangan Jazirah arab dan timur tengah. Selain dikenal sebagai pusat keuangan, Dubai juga merupakan rumah bagi real estate termewah di Jazirah Arab dan wilayah suaka pajak. Tidak heran jika orang super kaya dunia, menyembunyikan kekayaan mereka disana. Menyembunyikan uang dan memulai hidup di Dubai adalah pilihan yang dimiliki orang-orang kaya dunia.

2. Bahrain

Dalam dekade terakhir, negara di teluk Persia ini telah bertransformasi dari sebelumnya yang dikenal sebagai negara minyak dan gas, ke negara surga bagi jaminan kerahasiaan financial. Meski secara prosedur, menyiapkan sebuah perusahaan di negara ini, mahal luar biasa dan butuh waktu hampir sebulan, namun itu sangat layak, mengingat layanan yang mereka berikan luar biasa baik, dan jaminan kerahasiaan.

3. Jerman

Mungkin tidak ada yang menyangka, bahwa Jerman juga merupakan tempat destinasi bagi orang super kaya dunia untuk menyembunyikan uangnya di negara ini. Perusahaan offshore terpadu di Jerman, tidak diwajibkan untuk mengungkapkan pendapatan miliknya kepada pihak yang berwenang. Meskipun demikian, dalam dua tahun terakhir, Jerman mulai bergerak menjauhkan dari cap tersebut dan sedang beranjak mendekati kebijakan transparansi penuh. Jadi mungkin Jerman saat ini sudah bukan menjadi pilihan utama bagi para pemiliki uang.

4. Lebanon

Karena kewajiban kerahasiaan bank yang ketat, bahkan kementerian keuangan Lebanon sendiri tidak dapat mengakses informasi terkait identitas transaksi atau nasabah bank di sektor keuangan. Perusahaan offshore dan perusahaan-perusahaan Libanon juga bebas pajak. Inilah faktor yang menyebabkan Libanon mulai di lirik menjadi tujuan orang super kaya menyembunyikan kekayaan mereka.

5. Luxemburg

Menjadi salah satu dari tempat tertua bagi surga (bebas) pajak di dunia, tersedia dengan berbagai fasilitas. Akun bank offshore di Luxemburg adalah bebas pajak. Selain itu, keuntungan modal jangka panjang atas saham juga bebas pajak jika 10% atau lebih dari sahamnya tidak memiliki nomer resmi.

6. Cayman Island

Cayman Island adalah bagian dari apa yang orang sebut the Caribbean Tax`Havens. Cayman Island adalah salah satu tempat hunian terkenal di dunia karena menawarkan bebas pajak bagi perusahaan. Menurut laporan yang diberikan oleh jaringan peradilan pajak (tax justice network), Cayman Island adalah pusat perbankan terbesar keenam di dunia.

7. Singapura

Singapura dan Hongkong sedang bertarung head to head, untuk menjadi pemimpin dari pusat offshore financial di Asia. Kecuali perusahaan resmi yang Anda miliki membukukan pendapatanan US$ 2 juta, Anda tidak perlu membayar pajak.

8. Amerika Serikat

Mungkin akan mengejutkan, jika Amerika Serikat masuk dalam jajaran negara tempat orang kaya menyembunyikan kekayaannya. Terlepas dari perang vokal negara tersebut terhadap negara-negara yang memiliki hakn pajak diluar negeri, Amerika Serikat telah berkembang dengan pesat menjadi wilayah bebas pajak. Delaware, Nevada, Arizona, Montana, New York, Wyoming adalah negara-negara bagian yang diduga telah menjadi rumah bagi ribuan perusahaan hantu dan tidak ada seorang pun yang berpendapat tentang hal tersebut.

9. Hongkong

Sebagai daerah administratif khusus pertama di China, Hongkong sedang menikmati hak otonomi yang dimilikinya. Pada tahun 2015, Hongkong memecahkan rekor, dengan individu berpenghasilan tertinggi didunia. Penghasilan individu-individu tersebut lebih dari seratus juta dolar per kapita, di sisi lain Hongkong juga merupakan rumah bagi 2,1 triliun dollar pada industri pengelolaan dana dan lebih dari tiga ratus lima puluh miliar dolar aset perbankan swasta.

10. Swiss

Stabilitas sektor perbankan di Swiss bisa dibilang yang terbaik didunia. Diakhir tahun, asosiasi bank Swiss melaporkan lebih dari 6 Triliun dollar pada aset finansial. Swiss saat ini memiliki jumlah milyarder sangat banyak, tapi ini tidak akan mengubah tekanan dari AS dan UE untuk mendorong Swiss mengungkapkan informasi pajak. Saat ini mereka secara hukum berkewajiban untuk mengungkapkan akun rekening ke 60 negara.

ADITYAWARMAN @aditnamasaya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY