10 Bank Terkaya di Dunia 2017

0
541

lingkarannews.com Jakarta – Bisnis perbankan adalah bisnis kepercayaan. Aset utama mereka sebagian besar merupakan dana pihak ketiga, sedang sisa-nya adalah hasil keuntungan dari pengelolaan dana pihak ketiga tersebut. Dari aset inilah sebuah bank dinilai kekayaan-nya.

Berikut 10 daftar bank terkaya didunia berdasarkan atas aset yang dimiliki-nya.

1. Barclays PLC

Bank yang didirikan sejak 1690 ini, merupakan salah satu bank pemimpin di pasar eropa. Barclays PLC dikenal masyarakat luas sebagai sponsor utama premier league sejak tahun 2004, sebagai suksesor Carling, sponsor utama sebelumnya. Bank yang beroperasi di 50 negara ini, melayani tidak kurang 48 juta nasabah. Dengan total aset yang dimiliki sebesar US$ 2.26 Triliun, Barclays PLC menempati peringkat-10.

2. Credit Agricole Group

Credit Agricole Group adalah bank asal Perancis. Didirikan sejak 1885, Agricole merupakan bank terbesar di Perancis. Berkator pusat di Paris, Credit Agricole Group merupakan bank pemimpin pasar bank di Perancis. Bank yang memiliki kantor cabang sejumlah 9.000 lokasi di 60 negara yang beroperasi. Dengan total aset yang dimiliki sebesar US$ 2.35 Triliun, Credit Agricole Group menempati peringkat-9.

3. Bank of China

Menimbang sebagai bank tertua di China. Bank of China adalah bank milik pemerintah terbesar di dunia. Didirikan oleh pemerintah, Bank of China adalah salah satu bank dalam jajaran memimpin pasar bank di China. Asset yang dimiliki Bank of China berjumlah US$ 2.37 Triliun, menempatinya pada peringkat ke-8.

4. Agriculture Bank of China

Ini adalah bank termuda diantara bank yang telah beroperasi di China. Didirikan pada tahun 1979, bank ini mem-fokuskan diri pada pinjaman pertanian. Karena-nya ia memiliki 24.000 cabang. Bank ini pernah mengalami perampokan pada tahun 2010. Tidak kurang US$ 7.5 juta. Meski demikian bank tersebut tidak benar-benar mnegalami penurunan kekayaan. Hingga akhir 2016, Agriculture Bank of China ini tercatat memiliki kekayaan senilai US$ 2.43 Triliun, dan menempati peringkat ke-7.

5. JP Morgan Chase & Co

Salah satu bank terbesar didunia, JP Morgan Chase merupakan hasil dari merger 4 bank besar. Chase Manhatttan Bank terlebih dahulu mengakuisisi Bank One, Bear stearn dan Washington Mutual, sebelum merger dengan JP Morgan. Ke-4 bank tersebut juga merupakan pihak yang terkait langsung sebagai aktor utama krisis financial di Amerika Serikat pada tahun 2008. Total aset yang dimiliki JP Morgan Chase adalah sebesar US$ 2.47 Triliun, dan menempati peringkat ke-6.

6. Mitsibishi UFJ Financial Group

Bank yang merupakan backbone dari raksasa otomotif dan machineary ini dirikan pada tahun 2005. Mitsubishi UFJ Finacial Group merupakan pemain terbesar pada pasar bank di Jepang. Pada tahun 2005 Mitsubishi Financial Group, merger dengan UFJ Holding membentuk Mitsibishi UFJ Financial Group guna mendominasi pasar kredit otomotif di Jepang. Dengan aset sejumlah US$ 2.51 Triliun, Mitsubishi UFH Financial Group menempati peringkat ke-5.

7. BNP Paribas

BNP Paribas merupakan merger dua bank besar di Eropa, yaitu BNP dan Paribas. Sejak merger tahun 2000 ini, BNP Paribas menjadi bank terbesar di eropa dengan jumlah karyawan sejumlah 200.000. BNP Paribas juga menjadi pemimpin pasar bank di regional Benelux ( Belgium, Netherland and Luxemburg ). Di Indonesia sendiri BNP Paribas lekat dengan kasus Tommy Soeharto melakukan gugatan terhadap BNP Paribas yang menolak untuk mencairkan uang milik-nya sebesar 36 juta Euro yang disimpan di bank tersebut, melalui perusahaan Garnet Investment Limited (GIL) milik Tommy Soeharto. BNP Paribas tercatat memiliki aset senilai US$ 2.6 Trilun, dan menempati peringkat-4

8. China Construction Bank Corp

Berkantor pusat di Beijing, China Construction Bank Corp yang didirikan pada tahun 1954 ini menempatkan diri dalam jajaran bank terbesar di China. Dengan lebih dari 13.500 francise domestik dan partnership. Forbes menempati bank ini pada peringkat kedua sebagai perusahaan terkuat didunia. Dengan aset sejumlah US$ 2.6 Trilun, China Construction Bank Corp menempati peringkat ke-3.

9. HSBC holding

Banyak orang beranggapan salah mengenai bank ini. HSBC bukanlah bank yang berasal dari Hongkong. Bank ini didirikan di Inggris pada tahun 1991, oleh Hongkong Shanghai Banking Corporation. HSBC merupakan bank asal inggris terbesar  didunia. Beroperasi di 85 negara, HSBC dikenal sebagai commercial bank. Aset HSBC tercatat senilai US$ 2.7 Triliun, menempati peringkat ke-2.

10. Industrial and Commercial Bank of China

ini adalah bank ke-4 asal China dalam daftar ini. Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) adalah bank terbesar di China dan juga bank dengan aset terbesar di China, juga di dunia yang didirikan 1984. ICBC, sekali lagi merupakan Bank milik pemerintah yang memiliki 80.000 oulet di China dan 106 kantor cabang diseluruh dunia. Dengan karyawan sejumlah 500.000, jumlah yang lebih besar dari populasi penduduk di Malta, Iceland dan Belize. ICBC tercatat memiliki aset senilai US$ 3.18 Trilun, dan menempati peringkat Pertama sebagai bank terkaya didunia, berdasarkan aset yang dimilikinya.

Munculnya Bank-bank asal China menjadi bank terkaya didunia, sekali lagi membuktikan bahwa tulang punggung dari bisnis perbankan adalah nasabah. China yang memiliki populasi terbesar didunia berhasil memanfaatkan-nya jumlah penduduk-nya sebagai kekuatan modal.

Berbagai sumber

ADITYAWARMAN @aditnamasaya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY